Cara Format Flashdisk Dengan Benar + Aman (Komputer Dan HP)

Kamu yang seorang pengguna komputer tentu tidak asing dengan sebuah alat kecil bernama flashdisk (terkadang disingkat FD). Meskipun kecil namun flashdisk dapat menyimpan banyak sekali data bahkan sampe bergiga-giga. Dengan ukuran yang kecil inilah flashdisk menjadi barang penting untuk banyak kalangan karena dengan adanya flashdisk kita bisa dengan mudah menyimpan dan membawa data yang kita mau. Sekarang inipun harga flashdisk bisa dibilang murah meriah.

Cara Format Flashdisk

Nah, flashdisk tentunya bukan tanpa masalah. Lambat laun bisa saja kamu menemui beberapa masalah pada flashdisk seperti:

  1. Memory flashdisk penuh (full) dengan data yang sudah tidak terpakai.
  2. Flashdisk terkena virus sehingga muncul file-file aneh di dalamnya. Nah, flashdisk seperti ini juga berbahaya jika digunakan di komputer ataupun laptop lain karena bisa menularkan virusnya.
  3. Flashdisk terkena virus yang dimana virus tersebut membuat memory flashdisk kita seolah-olah menjadi penuh (full) sehingga kita menjadi tidak bisa menyimpan file baru di flashdisk kita.

Jika kamu sedang mengalami masalah pada flashdisk seperti di atas atau sedang mengalami masalah lain yang mirip, solusi masalah yang bisa kamu coba adalah dengan memformat flashdiskmu.

Apa Itu Format Flashdisk?

Format flashdisk adalah mengembalikan kondisi dan pengaturan flashdisk menjadi seperti baru dengan cara menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk.

Syarat Format Flashdisk

Karena dalam prosesnya format flashdisk akan menghapus semua data yang ada maka kamu disarankan untuk melakukan backup (menyimpan data ke tempat lain) data penting yang ada di dalam flashdisk.

Nah, ada 2 cara yang bisa kamu pilih untuk melakukan format pada flashdisk dengan baik, benar dan aman. Cara pertama adalah dengan menggunakan komputer (PC) ataupun laptop. Cara kedua adalah dengan menggunakan HP Android dengan tambahan alat kecil yang bernama USB OTG yang berguna sebagai adapter untuk bisa menghubungkan flashdisk ke port HP sehingga flashdisk dapat dideteksi dan dibuka di HP.

Jika kamu belum punya USB OTG maka kamu bisa membelinya di toko asesoris handphone ataupun melalui online di tokopedia, bukalapak dan shopee. Jangan khawatir, harga USB OTG tidak mahal malah ada yang sangat murah tergantung daya tahannya. Jangan lupa untuk memastikan dahulu port jenis apa yang dimiliki HPmu. Apakah port USB tipe B (USB biasa) atau USB tipe C. Nah, setelah memastikannya maka kamu harus membeli USB OTG sesuai dengan tipe port pada HPmu.

Sebelum membeli USB OTG ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu apakah handphone androidmu mendukung (support) penggunaan USB OTG. Informasi ini bisa ditemukan di gsmarena.com dan cari model hpmu di sana.

Cara Format Flashdisk Menggunakan Komputer

1. Pertama-tama buka File Explorer.

2. Lalu masukkan flashdisk pada port USB komputer atau laptopmu.

3. Jika flashdisk sudah terdeteksi maka akan muncul nama dari flashdiskmu. Klik kanan tombol mouse pada nama USB Drive lalu pilih Format….

4. Setelah itu akan muncul sebuah window kecil yang berisi pengaturan format. Secara umum kamu tidak perlu mengubah pengaturan yang ada kecuali pada Volume Label yang nanti akan menjadi nama dari flashdiskmu setelah selesai diformat. Klik tombol Start untuk memulai proses format flashdisk.

5. Langkah terakhir adalah peringatan bahwa semua data yang ada di flashdisk akan terhapus. Jika yakin ingin memformat flashdisk maka klik tombol OK.

6. Tunggu proses sampai selesai.

Cara Format Flashdisk Menggunakan HP Android Dan USB OTG

Dalam panduan ini kami menggunakan handphone android merk xiaomi.

1. Siapkan USBOTG, flashdisk yang akan di format dan hp android.

2. Jika sudah, pasang flashdisk ke port handphone menggunakan USB OTG. Jika flashdisk sudah terhubung dan terdeteksi oleh hp maka akan muncul pesan seperti ini.

3. Masuk ke menu setelan (pengaturan).

4. Lalu cari menu Penyimpanan di bagian SETELAN SISTEM.

5. Kemudian cari DRIVE USB SANDISK pilih Bersihkan penyimpanan USB untuk melakukan format pada flashdsik.

6.  Kemudian kamu akan masuk di bagian Format sebagai penyimpanan portable. Di sini juga ada peringatan bahwa semua data yang ada di flashdisk akan terhapus tanpa terkecuali. Pastikan untuk melakukan backup dulu data penting yang ada di flashdisk jika tidak ingin kehilangan. Jika sudah yakin silahkan tekan tombol Hapus & format.

7. Tunggu proses format sampai selesai

Semoga bermanfaat.