2 Cara Kompres Video Jadi Ukuran Kecil Tapi Tetap Jernih

Banyak sekali moment menarik yang sayang sekali jika tidak diabadikan melalui video ataupun foto. Perangkat perekam video pun semakin mudah di dapat. Tidak hanya melalui kamera DSLR atau Mirrorless namun juga dengan HP kita sudah bisa merekam video dengan kualitas yang jernih. Karena inilah sering tidak kita sadari bahwa penyimpanan memori kita cepat penuh karena menyimpan banyak video. Nah, daripada menghapus video untuk menghemat penggunaan memori ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu melakukan kompres pada file video.

Kompres file video berarti mengurangi ukuran video dengan cara melakukan optimasi pada file video. Untuk bisa melakukan kompres pada video kita harus menggunakan aplikasi kompres video yang benar sehingga video yang telah dikompres tetap berkualitas bagus meskipun dengan ukuran file yang lebih kecil.

Kompres video bisa dilakukan melalui aplikasi PC dan juga HP, apa saja aplikasinya dan bagaimana caranya? yuk simak ulasan kami.

Cara Kompres Video

Cara Kompres Video Di PC

1. Buka browsermu lalu ketik “HandBrake” dipencarian Google.

2. Lalu kamu klik “Handbrake – Open Source Video Transcoder“.

3. Setelah itu tombol “Download HandBrake” pada kotak warna merah. Ukuran aplikasi HandBrake kecil sekitar 12MB.

4. Jika sudah terdownload, silahkan install aplikasi HandBrake nya.

5. Ini adalah tampilan awal dari aplikasi HandBrake. Pilih “FILE” untuk menambahkan video yang ingin dikompres (dikecilkan ukuran filenya).

6. Jika sudah memilih video nya, lalu klik Open.

7. Langkah selanjutnya, buka menu Summary dibagian Format silahkan centang “Web Optimized“.

8. Sekarang kita pindah ke setingan Video dan ubah di bagian Framerate (FPS) ganti ke 23.976.

9. Kita seting lagi di bagian Audio. Ubah Bitrate ke 128.

10. Lalu kamu tentukan dimana kamu akan menyimpannya.

11. Lalu kamu pilih “Start Encode“.

12. Langkah terakhir tunggu sampai proses nya selesai.Kecepatan proses ini tergantung ukuran awal videomu dan juga processor PCmu. Jika ukuran videomu besar itu akan sedikit lama.


Cara Kompres Video Di HP Android

1. Pertama-tama kamu buka Playstore, lalu ketik “kompresor video” dipencarian.

2. Pilih aplikasi dari MobileIdea Studio. Jika sudah ketemu silahkan instal dan buka aplikasi nya. Selanjutnya kamu bisa memilih file video yang akan kamu kompres.

3. Nanti akan ada 7 pilihan. Pilih pilihan paling atas yaitu “KOMPRES VIDEO“.

4. Lalu kamu bisa pilih rekomendasi dari Aplikasi / Custom sendiri untuk kualitas video nya. Di tahap ini kamu bisa menentukan seberapa kecil ukuran file video yang kamu inginkan. Semakin kecil ukuran video maka kualitas video juga semakin berkurang jadi silahkan pilih sesuai kebutuhanmu.

5. Disini kami coba untuk custom kualitas video nya. Bisa dilihat juga perbandingan ukurannya yang sebelumnya 60MB menjadi 12MB. Lalu pilih “KOMPRES VIDEO” untuk melanjutkan.

6. Langkah terakhir tunggu prosesnya hingga selesai 100%.

7. Letak penyimpanan berada di Penyimpanan Internal -> IdeaVideoCompressor.

Catatan Penting

Opsi lain seperti cara kompres video melalui layanan web online tidak kami cantumkan karena kami tidak tahu bagaimana keamanan file video yang diupload dan dikompres.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.